Matic Honda Jazz atau City Getar dan Bunyi

0

Mobil matic Honda Jazz atau City Anda sedang bermasalah? Misalnya, saat tuas transmisi otomatis digeser dari P (parkir) ke R (mundur) mobil terasa bergetar dan muncul bunyi atau suara aneh seperti krkrkreeekkk…. Ketika pedal gas sedikit ditekan, bunyi/suara aneh itu mendadak hilang dan mobil bisa jalan normal.

Atau, terkadang saat bunyi/suara aneh krkrkreeekkk… muncul segera diikuti suara jdukk…, atau saat bunyi/suara aneh krkrkreeekkk muncul mobil tidak bisa berjalan. Padahal, biasanya begitu tuas di geser ke R dan pedal rem dilepas, mobil langsung meluncur.

Bisa saja, bunyi atau suara aneh yang sama muncul ketika tuas digeser dari N (netral) ke D (drive/maju). Bisa juga bunyi/suara aneh krkrkreeekkk… yang muncul saat tuas digeser dari N ke D tidak sekeras saat digeser ke posisi R.

Terkadang getaran disertai bunyi/suara aneh itu muncul dipagi hari, saat mesin mobil dalam kondisi dingin dan mobil pertama kali mau dijalankan. Atau, bisa saja justru terjadi saat mobil sudah dalam kondisi mesin panas getaran dan bunyi/suara aneh pada Honda Jazz atau City itu baru muncul.

Tidak perlu khawatir

Munculnya getaran dan bunyi/suara aneh seperti di atas pada Honda Jazz atau City merupakan hal wajar. Tidak selamanya, orang dalam kondisi sehat. Ada kalanya sakit. Begitu juga dengan Honda Jazz atau City Anda. Munculnya getaran dan bunyi/suara aneh itu tidak lain karena masalah di transmisi otomatis Honda Jazz atau City Anda.

Berbeda dengan mobil matic lain, seperti mobil-mobil matic Toyota, transmisi matic Honda Jazz merupakan transmisi matic jenis CVT (continuously variable transmission), yang sistem kerja dan komponennya berbeda dengan jenis transmisi matic step AT. Sehingga gejala awal yang muncul bila transmisi matic Honda Jazz atau City bermasalah juga berbeda.

Karena itu, kalau Honda Jazz atau City Anda mengalami kondisi serupa, tidak perlu bingung. Tidak perlu repot bertanya ke sana sini. Buang-buang energi, waktu, dan pikiran.

Apakah perlu ganti oli matic atau flashing?

Pertanyaan yang sering diajukan ke saya ketika Honda Jazz atau City mendadak muncul getar dan bunyi/suara aneh krkrkreeekkk… adalah apakah getaran dan bunyi/suara aneh itu akan hilang kalau oli matic CVT-nya diganti atau di flashing (kuras)?

Dengan gejala getar dan bunyi seperti diatas, ganti oli, kuras oli ataupun flashing 100 persen tidak akan menghilangkan masalah secara permanen.

Terkadang (tidak selalu) dengan ganti oli, kuras atau flashing getar dan bunyi itu akan hilang. Tapi dijamin hanya sesaat. Hanya dalam hitungan jam atau hari saja. Setelah itu getaran dan bunyi/suara aneh itu akan muncul kembali.

Kalau Anda termasuk tipe orang yang hati-hati dalam membelanjakan uang, dengan gejala getar dan bunyi/suara aneh seperti di atas, ganti oli, kuras atau flashing tidak jarang hanya akan buang-buang uang saja. Masalah utama tidak sembuh.

Apa solusinya?

Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi munculnya getaran dan bunyi/muncul suara aneh krkrkreeekkk… pada Honda Jazz atau City:

1. Ganti trasmisi matic Honda Jazz atau City satu gelondong dengan yang baru. Dijamin 100 persen masalah langsung beres, getar dan bunyi atau suara aneh itu akan lenyap. Mobil akan kembali berkinerja bagus. Untuk membeli transmisi Honda Jazz atau City baru siapkan dana Rp 40 juta – Rp 50 juta.

2. Ganti gelondongan transmisi Honda Jazz atau City dengan gelondongan transmisi matic eks-Singapura. Yang perlu Anda ketahui, transmisi matic Honda Jazz atau City eks-Singapura bukan transmisi matic baru, tapi transmisi otomatis bekas. Meski disebut transmisi matic gelondongan eks-Singapura, tidak berarti semua transmisi matic gelondongan eks-Singapura benar-benar berasal dari negara Singapura. Bisa saja dari China, Jepang atau negara lainnya. Karena transmisi matic eks-Singapura adalah bekas pakai konsumen di negara lain, tentu tidak ada jaminan 100 persen transmisi yang dibeli dalam kondisi bagus. Terkadang bagus, tapi bisa saja rusak. Namanya saja barang bekas. Kalau Anda mengganti transmisi matic eks-Singapura, Anda harus siap dengan risiko terburuknya, misalnya setelah transmisi dipasang, gejala getar dan bunyi/suara aneh tidak hilang. Atau getar dan bunyi/suara aneh itu hilang, tapi ada gejala kerusakan lain yang muncul. Itu bisa dan biasa terjadi, namanya juga barang bekas pakai.

3. Perbaiki transmisi matic Honda Jazz atau City di bengkel khusus mobil matic dan transmisi otomatis. Di antara tiga cara penanganan transmisi matic Honda Jazz atau City yang getar dan bunyi/suara aneh, cara penanganan dengan perbaikan transmisi matic adalah yang paling efisien, terukur, ada kepastian, dan ada jaminan. Hanya saja, tantangannya tidak semua bengkel bisa melakukan perbaikan sesuai hasil yang Anda harapkan. Hanya di bengkel-bengkel tertentu saja yang mampu memperbaiki, salah satunya di worner AUTOMATIC, Bengkel Khusus Mobil Matic dan Transmisi Otomatis.

Enjoy… your matic car.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here