Yang Harus Anda Lakukan, Agar Perjalanan Mudik Lebaran dengan Mobil Matic Lancar

0

Tak terasa, Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi tiba (6 – 7 Juli 2016). Apa yang harus kita lakukan dengan mobil matic kita, agar perjalanan mudik/balik Lebaran dengan mengendarai mobil matic berjalan lancar?

Momentum Lebaran adalah tradisi mudik yang akan kita jalani bersama-sama.

Sebuah perjalanan mudik untuk bertemu dan memohon ampun kepada orang tua, juga bermaaf-maafan dengan sanak-saudara dan sahabat, yang tidak jarang butuh waktu tempuh yang lama dan melelahkan.

Momentum suci ini tidak bisa dilalui begitu juga. Karenanya “tradisi” pulang kampung ini selalu membawa cerita manis, terkadang juga pahit. Begitu juga selama dalam perjalanan mudik mengendarai mobil bertransmisi otomatis/matic.

Mobil matic kita harus bekerja keras sepanjang hari, di sepanjang jalur mudik. Tidak jarang karena suatu sebab, pada waktu-waktu tertentu petugas mengalihkan arus kendaraan ke jalur lain. Jalur yang sama sekali asing. Berkelok-kelok. Berbukit-bukit, bahkan terpaksa harus menanjak di jalan terjal dan turunan curam.

Tak jarang pula hati terasa bimbang. “Akankah mobil matic kita akan sanggup melintasi jalanan itu? Bagaimana nanti kalau sampai tidak kuat nanjak? Bagaimana kalau mogok di jalan? Apa ada bengkel yang bisa memperbaiki? Bagaimana kalau tidak ada? Akankah anak-istri akan terdampar di perkampungan antah-berantah? Bagaimana nanti dengan orang tua kita? Apa mereka tidak akan cemas? Mereka pasti akan menanti kita? Tapi bagaimana kalau kekhawatiran itu semua terjadi?”

Sederet kegelisahan muncul. Apalagi kalau sebelumnya kita tidak yakin dengan kondisi mobil matic kita? Atau, apalagi kalau sebelumnya kita menyadari kalau mobil matic kita memang sedang ada sedikit masalah?

Kita tentu berharap semua akan baik-baik saja. Perjalanan mudik lancar, dan mobil matic akan bekerja dalam menjalankan tugas dengan baik. Mudah-mudahan juga pilihan jalur yang akan kita lalui sesuai rencana. Tapi bagaimana kalau tidak? Segala kemungkinan bisa saja terjadi saat mudik Lebaran.

100 Persen Sehat

Untuk melintasi jalur mudik Lebaran dan jalur balik, mobil matic kita harus dalam kondisi 100 persen sehat.

Hanya dengan kondisi mobil matic yang prima, perjalanan mudik dan balik Lebaran yang berat, akan bisa dilalui dengan senang hati. Tanpa kecemasan. Niat memohon ampun pada orang tua dan bermaaf-maafan dengan saudara dan sahabat akan berjalan lancar.

Apalagi bila mudik membawa rombongan keluarga: anak-istri, saudara, orang tua/mertua atau nenek-kakek kita. Jangan sampai mereka susah, ikut menderita gara-gara mobil matic mendadak bermasalah di jalan.

Selama mudik dan balik Lebaran, kerja mobil matic sangat berat. Mesin mobil bisa terus menyala sepanjang hari, bahkan bisa lebih dari satu atau dua hari. Kalaupun istirahat hanya sesaat.

Dalam kondisi seperti itu, suhu dan kinerja mesin dan transmisi matic/otomatis, harus benar-benar sempurna. Terjadi gangguan sedikit saja pada sistem pendingin mesin, fatal akibatnya. Begitu juga gangguan pada sistem mesin dan transmisi otomatis.

Gangguan sekecil apapun pada sistem pendinginan, pelumasan, pengereman, sistem mesin dan sistem penggerak otomatis/matic, akan berdampak bisa sangat fatal. Bisa saja tiba-tiba mobil mendadak kehilangan tenaga, tersendat, tidak kuat nanjak, atau bahkan mati total.

Apa yang Harus Dilakukan dengan Mobil Matic

Agar mobil matic Anda bisa melaju baik dan sempurna sepanjang mudik Lebaran dan saat balik ke rumah, ada baiknya melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Pastikan semua sistem pendingin mesin berjalan dengan sempurna.
2. Pastikan sistem pelumasan mesin bekerja sempurna.
3. Pastikan mesin bekerja dengan baik, dengan kinerja/performance mesin yang sempurna, atau setidaknya mendekati sempurna.
4. Sistem kelistrikan mobil baik untuk mesin, transmisi dan aksesoris bekerja sempurna. Jangan sampai ada kemungkinan terjadi hubungan listrik arus pendek atau hubungan terputus.
5. Sistem computerized juga harus dipastikan bekerja dengan sempurna, baik untuk mesin maupun transmisi matic.
6. Transmisi matic harus bisa menyalurkan tenaga dan kecepatan putaran mesin dengan sempurna. Dengan sistem perpindahan otomatis yang mulus, dan mobil tetap bertenaga dalam kondisi apapun. Saat lalu lintas macet ataupun lancar. Saat menanjak terjal ataupun turun bukit.
7. Pastikan sistem kelistrikan, computerized, hidrolis dan sistem mekanis transmisi matic bekerja dengan sempurna. Sincronized harus dilakukan, bila kondisi memang menuntut demikian. Cek dengan sangat hati-hati kemungkinan terjadinya potensi gangguan, sekecil apapun. Jangan ada toleransi. Pastikan tidak ada kebocoran oli matic (ATF).
8. Sistem pengereman harus dipastikan bekerja sempurna.
9. Kaki-kaki hingga roda juga harus benar-benar dalam kondisi baik.

PENTING
a). Jauh-jauh hari sebaiknya pengecekan dan perbaikan dilakukan: 2 minggu sampai 2 bulan sebelum keberangkatan, sangat ideal untuk waktu pengecekan. Apalagi untuk perbaikan transmisi matic. Waktu yang terlau singkat, tidak cukup aman untuk perbaikan. Apalagi untuk jenis mobil matic tertentu yang sparepart-nya tidak mudah didapat.
b). Bila Anda mampu dan memungkinkan melakukan pengecekan dan perbaikan sendiri, akan lebih baik karena bisa menghemat biaya perawatan atau perbaikan.
c). Bila tidak mampu melakukan pengecekan dengan benar dan baik sendiri, serta tidak memungkinkan melakukan perbaikan sendiri, kami sarankan Anda menggunakan jasa bengkel.
d). Silahkan Anda bawa ke bengkel showroom terdekat. Atau, bisa saja Anda datang ke bengkel rekomendasi kami (worner AUTOMATIC – Bengkel Transmisi Otomatis dan Mobil Matic). Selain biaya lebih murah, keuntungan melakukan pengecekan dan perbaikan di worner AUTOMATIC adalah bila suatu ketika (tentu jangan sampai terjadi) mobil matic Anda mengalami masalah di jalan, teknisi ahli worner AUTOMATIC akan memberi panduan dan solusi penanganan via online, komunikasi phone, WA atau BBM, tentang bagaimana menanganinya dalam kondisi tertentu/darurat di perjalanan.
e). Pengecekan semua kinerja mobil seperti yang saya uraikan di atas, harus dilakukan oleh seorang teknisi transmisi otomatis & mobil matic yang berpengalaman, yang memiliki pengetahuan dan kemampuan baik terkait sistem computerized, kelistrikan, hidrolis dan mekanis mobil matic. Pengecekan oleh mekanik saja belum cukup aman, karena keterbatasan kompetensinya.

Mudik Lebaran idealnya menjadi momentum indah kebersamaan. Jangan sampai ternoda gara-gara mobil maticnya bermasalah di jalan. Karenanya mobil matic harus benar-benar berkinerja baik, 100 persen sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here