Estimasi Biaya Perbaikan Transmisi Otomatis Mobil

0
10

Berapa biaya perbaikan transmisi otomatis mobil? Pertanyaan ini sering sekali diajukan ke saya, saat mobil matic mereka rusak.

Ketika saya jawab Rp 2 juta – Rp 3 juta per unit transmisi, langsung disergah dengan pertanyaan lanjutan, “Apakah sudah termasuk mengganti komponen yang rusak dan oli maticnya?

”Saya jawab , “Belum”.

Lalu dia tanya, “Berapa perkiraannya?”

Makin pusing lagi menjawabnya karena yang bersangkutan hanya bertanya lewat telepon dan saya sama sekali belum tahu kondisi mobil maticnya yang sebenarnya.

Lebih mudah bagi saya kalau memperkirakan biaya perbaikan dan saya merasakan langung kondisi kendaraan dan transmisi maticnya.

Karena saya bisa memastikan besarnya biaya yang harus dikeluarkan sampai 90 persen lebih tingkat keakuratannya.

Namun jangan khawatir, dalam artikel saya kali ini, akan saya kasih gambaran berapa perkiraan biaya perbaikan transmisi otomatis dalam kondisi kerusakan wajar.

Yang saya maksud kerusakan wajar di sini adalah rusak akibat usia pakai. Bukan karena kegagalan kerja komponen akibat gagal/cacat produksi dan pemakaian transmisi yang tidak sewajarnya.

Buang Kekhawatiran

Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah buang jauh-jauh kekhawatiran bahwa memiliki mobil matic biaya perawatan dan perbaikannya mahal. Itu omongan dari orang-orang yang tidak paham sama sekali tentang mobil matic.

Omongan orang-orang yang dapat informasi secara tidak utuh dan sepotong-sepotong. Juga omongan orang-orang tentang pengalaman buruk mereka yang “tertipu” saat melakukan perawatan dan perbaikan transmisi otomatis mobilnya.

Nggak bisa dipungkiri lagi, mengendarai mobil matic jauh lebih nyaman dari mobil manual. Teknologi perpindahan gigi otomatis maupun manual (manual-matic) pada transmisi otomatis, memudahkan orang mengendarai mobil.

Mengendarai mobil matic jauh dari rasa capek dan stres. Apalagi di jalanan kota yang padat dan macet. Karena tidak stres, pikiran juga bisa lebih fresh untuk memikirkan hal-hal lain yang lebih bermanfaat.

Lalu bagaimana dengan biaya perawatan dan perbaikannya? Ada beberapa solusi perawatan dan perbaikan transmisi otomatis/mobil matic yang mudah, murah dan yang pasti tidak sampai menguras uang di kantong celana.

Apa yang harus dilakukan:

GANTI OLI MATIC SECARA TERATUR. Karena kondisi jalanan kota sering macet di banding di daerah, penggantian oli matic untuk mobil yang beroperasi di kota sebaiknya lebih awal dari rekomendasi pabrik.

Penggantian oli matic tidak mutlak harus di-flashing. Penggantian cara konvensional tidak mengganggu kinerja atau memperpendek usia transmisi matic. Prinsipnya penggantian lebih awal lebih baik, lebih sering lebih baik. Tapi, kalau terlalu sering jadi boros.

Dengan penggantian oli sistem konvensional, ada penghematan biaya Rp 500.000 – Rp 800.000 dalam setiap kali penggantian oli matic.

Dalam kondisi pemakaian normal, dengan perawatan yang tepat dan baik, masalah pada transmisi otomatis umumnya baru terjadi pada pemakaian normal 100.000 km ke atas. Jarak pemakaian 100.000 km, umumnya untuk kondisi perjalanan di Indonesia baru akan tercapai di atas 5 tahun pemakaian.

Bila mobil jarang dipakai, bisa pada kisaran 7 tahun bahkan 8 tahun. Dengan kata lain selama masa waktu tersebut perawatan yang perlu dilakukan hanyalah mengganti oli, yang biayanyapun bisa lebih rendah dengan cara penggantian konvensional.

Pascapemakaian sekitar 100.000 km, sudah selayaknya Anda siap-siap keluar biaya perbaikan. Bisa sekadar perbaikan ringan, sedang maupun overhaul. Mulailah menabung, sekadar berjaga-jaga bila sewaktu-waktu Anda harus keluar uang ekstra untuk perbaikan/overhaul transmisi matic.

Ada cara untuk memperpanjang usia pakai transmisi matic hingga 150.000 km bahkan 200.000 km tanpa perlu overhaul. Caranya Anda harus melakukan perawatan transmisi matic lebih dini, sebelum gejala-gejala awal kerusakan terjadi. Atau pada saat jarak tempuh kendaraan baru maksimal 70.000 km.

Biaya perawatan dini berkisar Rp 500.000 – Rp 1 juta. Dengan melakukan perawatan transmisi otomatis dan mobil matic sejak dini, usia pakai mobil matic bisa bertambah 2 – 3 tahun dari kondisi pemakaian normal tanpa perawatan dini.

Pelopor perawatan transmisi matic & mobil matic sejak usia pakai dini adalah worner AUTOMATiC – Bengkel Khusus Transmisi Otomatis & Mobil Matic.

Berapa biaya overhaul?

Setelah mengendarai mobil matic dengan nyaman selama 100.000 km perjalanan Anda, mengeluarkan biaya overhaul (bongkar total transmisi Rp 2 juta – Rp 3 juta) untuk ongkos jasa bukan hal yang mahal. Apalagi kalau bengkel berani memberikan jaminan garansi dan kepastian keberhasilan perbaikan.

Dalam kasus-kasus tertentu, Anda terpaksa harus merogoh kantong lebih dalam karena terpaksa harus mengganti beberapa komponen yang diperlukan.

Untuk menyiasatinya, pilihan Paket hemat overhaul transmisi matic sangat dianjurkan. Karena bisa menghemat biaya total overhaul Rp 2 juta – Rp 3 juta.

Setelah memakai kendaraan 8 – 10 tahun, keluar biaya perbaikan Rp 4 juta – Rp 5 juta, tentu tidak mahal. Bandingkan dengan kenikmatan yang didapat selama pemakaian.

CATATAN Biaya overhaul Rp 4 juta – Rp 5 juta dalam rentang 100.000 km, tidak berlaku untuk overhaul transmisi matic mobil dengan volume mesin besar dan perbaikan di bengkel resmi (showroom/ATPM).

SHARE
Previous articleJarum RPM Livina Naik Turun (versi lengkap), Kinerja Matic Terganggu
Next articlePaket Hemat Overhaul Transmisi Matic Avanza, Xenia, Rush, & Terios
Hermas Efendi Prabowo adalah seorang penulis artikel bidang otomotif sekaligus teknisi ahli mobil matic. Spesialisasinya mendiagnosa, merawat dan memperbaiki transmisi otomatis/mobil matic AS, Eropa dan Asia (diagnostic & repair specialist). Kemampuannya dalam memahami sistem kerja tiap komponen dan antarkomponen dalam mobil matic sangat mendetail. Menguasai perawatan dan perbaikan masalah mekanis, hidrolis, kelistrikan dan sistem kendali mobil dan transmisi otomatis (computerized engine & transmission control). Berpengalaman menjadi technical advisor mobil matic. Kemampuannya menulis artikel diasah selama 14 tahun berkarier sebagai wartawan Harian KOMPAS, media cetak terbesar di Indonesia. Jenjang kompetensi jurnalisnya sebagai Wartawan Utama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here