Gejala Awal Transmisi Matic Mobil Bermasalah

0
20

Apa gejala awal transmisi otomatis (matic) mobil bermasalah? Ada beberapa gejala transmisi matic bermasalah. Anda tidak harus menjadi mekanik/teknisi mobil terlebih dulu untuk tahu apakah transmisi matic mobil Anda sedang bermasalah atau tidak. Tetapi cukup dengan mengikuti petunjuk di bawah ini, sekaligus melatih kepekaan rasa Anda saat berkendara atau menumpang mobil matic.

Pada artikel kali ini, AT-CVT Diagnostic & Repair Specialist KOMPASMATIC.com, hanya akan fokus mengulas permasalahan/gejala awal yang timbul yang bisa menunjukkan transmisi matic mobil Anda bermasalah. Untuk pertanda kerusakan transmisi matic terkait dengan suara/bunyi “misterius”, click saja artikel Pertanda Transmisi Matic Mobil Rusak. Agar tidak berpanjang-panjang, berikut ini gejala-gejala awal transmisi matic mobil bermasalah:

1. Ngelos (slip)

Gejala ini biasa terjadi pada mobil matic dengan gearbox berbasis planetary gear set, atau yang biasa disebut transmisi matic jenis Step AT atau AT. Gejala ngelos/slip umumnya terjadi saat berlangsung perpindahan gigi otomatis dari gigi 1 ke 2 dst. Pada mobil matic jenis continuously variable transmission (CVT) atau disebut juga gearboxless (karena tidak menggunakan planetary gear set), gejala ngelos juga terkadang muncul. Umumnya terjadi saat Anda mulai menjalankan mobil matic. Gejala ngelos ini juga bisa saja muncul saat melakukan akselerasi.

Bagaimana menyadari ngelos/slip atau tidak? Mudah saja. Jalankan mobil matic Anda dengan tuas diposisi D. Lalu injak pedal gas. Pada mobil matic jenis Step AT/AT saat terjadi perpindahan gigi otomatis normalnya terasa seperti mengayun. Bila terjadi ngelos/slip, perpindahan gigi otomatis tidak bisa berlangsung dengan sempurna. Saat berpindah gigi 1 ke gigi 2, tiba-tiba mobil kehilangan tenaga dan suara mesin meraung.

Pada mobil matic jenis CVT, gejala ngelos umumnya berlangsung sesaat saja, pada awal tarikan. Gejalanya seperti tersendat.

2. Tersendat/Entakan

Pada mobil matic jenis AT/Step AT, idealnya perpindahan percepatan otomatis berlangsung mulus seperti mengayun. Tapi bisa saja muncul gejala tersendat, seperti ada entakan. Entakan yang terjadi mulai dari lembut sampai kasar, bergantung tingkat permasalahanya.

3. Tidak Mau Berpindah Gigi secara Otomatis

Idealnya perpindahan gigi pada mobil matic berlangsung secara otomatis ketika tuas ada di posisi D. Tapi bisa saja itu tidak terjadi. Mobil matic hanya bisa melaju pada satu gigi tertentu saja, misalnya di gigi 3. Tidak mau berpindah secara otomatis ke gigi lainnya, sekalipun laju mobil diperlambat atau dipercepat.

4. Pergeseran Tuas Kasar/Menyentak

Pada mobil matic jenis AT/Step AT, saat Anda menggeser tuas transmisi ke posisi manapun, idealnya tidak ada entakan. Misalnya dari N ke D, berlangsung mulus. Memang idealnya saat tuas digeser dari N ke D, beban mesin bertambah sehingga jarum RPM akan sedikit turun pada kisaran 100 RPM. Masalah terjadi ketika tuas digeser dari N ke D, 3, 2 atau 1/L lalu terasa ada entakan kasar. Kondisi sama terjadi saat perpindahan tuas dari P ke R atau dari N ke R.

5. Tuas Transmisi Sulit Digeser

Gejala awal transmisi matic bermasalah juga bisa saja muncul saat Anda menggeser tuas transmisi, tetapi seperti sulit digeser, sekalipun Anda sudah menekan knob.

6. Mobil Bergetar (Stall)

Gejala transmisi bermasalah bisa saja terjadi getaran pada mobil. Umumnya gejala ini muncul saat mobil matic tengah melaju, lalu Anda mengerem. Menjelang berhenti mobil terasa bergetar, atau mesin nyaris mati. Dalam beberapa kasus, mesin mobil sampai mati.

7. Tidak Kuat Menanjak

Bisa saja muncul gejala mobil tidak mau atau tidak kuat diajak menanjak, pada kondisi tanjakan terjal. Sekalipun tuas transmisi sudah digeser ke posisi 1/L dan pedal gas sudah ditekan dalam.

8. Laju Mobil Tertahan

Ketika mobil matic Anda sedang melaju dalam kecepatan tertentu (bisa saja rendah, sedang atau di atas 100 km/jam) lalu Anda melepas pedal gas dan perlahan kecepatan mobil berkurang, muncul gejala laju mobil tertahan/tersendat sebelumnya akhirnya kembali normal.

9. Konsumsi BBM Boros

Gejala mobil matic bermasalah juga bisa ditunjukkan dengan konsumsi BBM yang boros. Ini terjadi karena tenaga putar/torsi mobil tidak tersalur secara optimal ke penggerak akhir.

Setidaknya 9 gejala awal transmisi mobil matic bermasalah, bisa menjadi petunjuk awal transmisi matic mobil Anda sedang tidak beres. Ada banyak gejala lain yang belum bisa kami uraikan dalam artikel ini secara gratis, karena sifat gejalanya yang spesifik dan bahkan sangat teknis yang juga penting untuk Anda ketahui. Bila Anda ingin tahu lebih detail soal gejala-gejala transmisi matic bermasalah, click CONTACT US. Dengan senang hati kami akan membantu Anda.

“Enjoy with your matic car”

SHARE
Previous articleKomponen Vital Transmisi Otomatis Mobil
Next article7 Langkah Mengemudikan Mobil Matic yang Benar
Hermas Efendi Prabowo adalah seorang penulis artikel bidang otomotif sekaligus teknisi ahli mobil matic. Spesialisasinya mendiagnosa, merawat dan memperbaiki transmisi otomatis/mobil matic AS, Eropa dan Asia (diagnostic & repair specialist). Kemampuannya dalam memahami sistem kerja tiap komponen dan antarkomponen dalam mobil matic sangat mendetail. Menguasai perawatan dan perbaikan masalah mekanis, hidrolis, kelistrikan dan sistem kendali mobil dan transmisi otomatis (computerized engine & transmission control). Berpengalaman menjadi technical advisor mobil matic. Kemampuannya menulis artikel diasah selama 14 tahun berkarier sebagai wartawan Harian KOMPAS, media cetak terbesar di Indonesia. Jenjang kompetensi jurnalisnya sebagai Wartawan Utama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here