Komponen Vital Transmisi Otomatis Mobil

0

Apa saja komponen/bagian penting yang terdapat dalam transmisi otomatis (matic) mobil? Berikut ini AT-CVT Diagnostic & Repair Specialist KOMPASMATIC.com akan mengungkap dan menjelaskan satu per satu.

1. Torque Converter (Kopling Otomatis)

Torque converter sering disingkat dengan TC. Mekanik awam sering menyebutnya Donat, karena bentuknya yang menyerupai kue donat. Ini merupakan komponen vital unit transmisi otomatis yang berfungsi menyalurkan tenaga putar (torsi) dan kecepatan putar mesin ke input shaft dalam transmisi otomatis, sebelum diteruskan ke kopling dan gearbox. Dengan adanya TC memungkinkan pengemudi mobil matic tidak perlu setiap saat menekan pedal kopling, ketika mau memutus torsi/kecepatan putar mesin ke gearbox.

Dalam mobil manual, ketika Anda melepas tekanan pedal kopling, torsi dan kecepatan putar mesin ke gearbox (yang selanjutnya diteruskan ke penggerak akhir) langsung tersambung. Sebaliknya bila pedal kopling diinjak, torsi dan kecepatan putar mesin terputus. Penghubung torsi dan kecepatan putar mesin ke gearbox dalam transmisi manual adalah kopling. Ketika diinjak kopling merenggang, ketika dilepas kopling merapat karena ada tekanan pegas diafragma.

Pada transmisi otomatis, peran kopling tersebut digantikan oleh TC. Sehingga TC sering juga disebut dengan kopling otomatis. Di dalam TC ada turbin. Turbin berputar karena ada tekanan oli. Putaran turbin ini diteruskan oleh input shaft ke kopling lalu ke gearbox.

Sekarang ini, TC terbagi dalam empat elemen/bagian utama yaitu impeller, turbin, stator dan converter clutch (kopling yang terdapat dalam TC). Ketika mesin dihidupkan, putaran mesin langsung diteruskan ke impeller.

Impeller berfungsi layaknya pompa oli. Putaran kipas dalam impeller menghasilkan oli bertekanan yang digunakan untuk memutar turbin. Karena cara kerja impeller yang hampir sama dengan pompa oli, supaya tidak membingungkan dalam penyebutan dibuatlah istilah baru: impeller.

Anda tertarik untuk mengetahui ulasan lebih detail soal TC oleh AT-CVT Diagnostic & Repair Specialist KOMPASMATIC.com? Termasuk apa saja komponen utama TC, bagaimana mekanisme kerja, apa saja kelemahaannya, apa saja gejala TC rusak, click CONTACT US.

2. Pompa Oli (OIL Pump)

Dalam unit transmisi, oli matic (Automatic Transmissions Fluid/ATF) ibarat darah dalam tubuh manusia. Manusia bisa bertahan hidup dan bekerja karena ada tekanan darah. Tekanan darah manusia terjadi karena ada jantung yang tidak henti memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Peran pompa oli tidak jauh beda dengan jantung pada tubuh manusia. Begitu mesin dihidupkan pompa oli akan langsung bekerja, menghasilkan oli bertekanan yang siap dipasok ke bagian-bagian lain dari transmisi agar transmisi bisa bekerja. Dari pompa oli, oli yang bertekanan tidak hanya disalurkan ke TC. Tapi juga ke servo, kopling, valvebody, dan untuk keperluan pelumasan. Anda tertarik mengetahui lebih detail, CONTACT US.

3. Kopling

Dalam unit transmisi otomatis terdapat berbagai jenis kopling, yang bekerja secara bersamaan atau bergantian, diatur secara mekanis atau terkomputerisasi oleh Transmission Control Unit/TCU atau Powertrain Control Unit/PCU.

Berbagai jenis kopling dalam unit transmisi otomatis ada yang berupa multi plat (plat kopling yang jumlahnya lebih dari satu: bisa dua, tiga atau empat). Dalam satu unit transmisi setidaknya ada tiga, empat atau terkadang lebih kopling multiplat. Selain kopling multiplat, ada juga kopling searah (one way clutch).

Fungsi kopling dalam unit transmisi otomatis untuk meneruskan torsi/kecepatan putar mesin ke bagian-bagian tertentu, atau menahan putaran komponen gearbox, untuk menghasilkan rasio gigi tertentu. Misalnya ketika Anda mulai menjalankan mobil dengan menggeser tuas ke posisi D (drive). Anda mulai menjalankan mobil, dan Anda bisa rasakan ketika mobil bertama jalan masuk gigi terendah atau tingkat percepatan 1.

Begitu mobil mulai berjalan, mengapa gigi 1 yang lebih dulu dipilih secara otomatis oleh sistem? Disitulah peran kopling. Dalam mobil matic, perpindahan gigi atau tingkat percepatan berlangsung secara otomatis. Karena ada peran kopling multi plat yang kerjanya diperintah langsung oleh komputer/TCU/PCU. Untuk tahu lebih detail tentang kinerja kopling dan sistem perpindahan otomatis secara lengkap, click CONTACT US.

4. Gearbox & Gearbox-less

Dalam transmisi otomatis juga dilengkapi gearbox, sama dengan mobil manual. Cuma susunan gearbox mobil matic dan manual berbeda. Pada mobil matic, gearbox terdiri dari satu set atau lebih planetary gear set, yang terdiri dari gigi matahari (sun gear), gigi cincin (ring gear), dan gigi pinion (pinion gear) yang dilengkapi dengan carrier (pemegang pinion gear).

Untuk satu set planetary gear menghasilkan tiga atau lebih rasio gigi, termasuk gigi mundur dengan berbagai variasinya. Dalam planetary gear set ini tercipta pilihan rasio gigi 1, 2, 3, 4, dst dan gigi mundur. Untuk transmisi dengan 4 tingkat percepatan, umumnya rasio gigi 1 : 1 didapat pada posisi gigi 3 di mana torsi/kecepatan putar dari mesin langsung diteruskan ke penggerak akhir.

Tidak semua transmisi berbasis gearbox. Pada mobil matic berbasis Continuously Variable Transmission/CVT, tidak ada rangkaian susunan gigi (gearbox-less). Peran gearbox digantikan oleh dua pulley yang terhubung sabuk baja, yang bekerja menciptakan rasio “gigi” tertentu yang tak terbilang jumlah rasionya, dari underdrive/reduction sampai overdrive. Mau tahu bagaimana teknis rasio gigi tercipta dan bagaimana mekanismenya, apa saja gejala kerusakan gearbox, bagaimana menghitung rasio dan sebagainya click CONTACT US.

5. Gir Penggerak Akhir & Diferensial

Torsi/kecepatan putar mesin yang masuk ke gearbox, diteruskan ke roda melalui gir penggerak akhir dan diferensial. Salah satu fungsi diferensial menyalurkan torsi/kecepatan putar dari penggerak akhir secara adil ke roda-roda mobil. Apakah untuk mobil dengan penggerak roda depan (FWD), roda belakang (RWD), atau ke empat roda mobil depan belakang (4WD).

6. Valvebody

Dalam unit transmisi otomatis terdapat valvebody. Valvebody ini berperan sebagai pembagi tekanan oli ke berbagai bidang/komponen dalam transmisi otomatis. Berbeda dengan jantung manusia yang berfungsi menciptakan darah bertekanan lalu menyebar ke seluruh tubuh. Valvebody hanya bertugas untuk menyalurkan oli bertekanan, yang dihasilkan oleh pompa oli.

Saya lebih senang mengilustrasikan valvebody sebagai susunan syaraf pusat dalam tubuh manusia. Ketika otak manusia memerintahkan untuk berjalan misalnya, maka syaraf pusat langsung mengaktifkan kerja otot kaki untuk melangkah. Peran valvebody kira-kira seperti itu. Ketika TCU/PCU memerintahkan perpindahan percepatan otomatis dari gigi 1 ke gigi 2, valvebody langsung merespon dengan mengaktifkan kerja kopling multi plat untuk gigi 2 dan menonaktifkan kerja kopling multiplat untuk gigi 1. Begitu pula dengan variasi rasio gigi lainnya. Bagaimana mekanisme kerja valvebody secara lebih detail, apa saja gejala valvebody bagus atau rusak, dan bagaimana memperbaikinya, click CONTACT US.

7. Sistem Pengendali

Dalam unit transmisi otomatis, sistem kendali ada pada TCU/PCU. Terkadang peran TCU menyatu dengan Electronic Control Unit/ECU. TCU/PCU ada yang berada dalam unit transmisi ada yang berada di ruang kabin, di bawah dashboard.

TCU layaknya otak manusia, yang memberi perintah kepada bagian-bagian dalam unit transmisi otomatis agar bekerja secara harmonis, bergantian atau secara bersama-sama satu dengan lainnya, untuk menghasilkan perpindahan gigi atau percepatan yang berlangsung secara halus.

Sebelum kerja mobil matic dikendalikan oleh komputer/TCU, peran otak transmisi otomatis ada pada valvebody yang bekerja secara mekanis. Namun dirasa kurang efektif dan optimal. Ada masalah dengan TCU/PCU, click CONTACT US.

Setidaknya ada tujuh komponen utama dalam transmisi otomatis mobil, yang berperan penting dalam mendukung kinerja transmisi otomatis. Meski secara pengelompokan besar terbagi dalam tujuh komponen, sejatinya pada masing-masing komponen terdapat sub-sub komponen lagi.

“Enjoy with your matic car”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here