Mobil Matic Tidak Bisa Distarter, Lampu Indikator Dashboard Mati Total

0

Mobil matic Anda mendadak mogok tidak bisa distarter? Dan, semua lampu indikator yang ada di dashboard tidak ada satupun yang menyala alias mati total.

Bisa jadi masalah ini muncul sesaat setelah Anda selesai mengisi bahan bakar. Atau, saat Anda selesai berbelanja. Mungkin juga ketika akan berangkat kerja, mengantar atau menjemput anak sekolah. Bisa juga sesaat setelah Anda selesai mencuci mobil matic Anda.

Mobil matic yang tidak bisa distarter bisa terjadi kapan saja. Nggak peduli pagi-pagi buta, atau siang bolong. Bisa juga tengah malam atau dini hari.

Kalau kasus mobil mogok dan tidak bisa distarter sama sekali sampai menimpa mobil matic Anda, nggak usah panik. Tarik nafas panjang dan tenangkan pikiran dulu. Selanjutnya pinggirkan mobil Anda, dan ikuti prosedur di bawah ini:

1. Pastikan kunci kontak atau tombol Start/Stop Engine berada pada posisi ON.
2. Periksa dengan baik lampu indikator battery, oli, bensin, rem tangan, check engine, lampu indikator posisi gear selektor transmisi matic, dll. Apakah lampu indikator semua menyala saat kunci di posisi ON, atau ada beberapa yang mati.
3. Bila tidak ada satupun lampu indikator di dashboard yang menyala, pastikan sekali lagi. Caranya kunci kontak biarkan di posisi ON, lalu putar switch lampu utama (headlamp). Apakah lampu utama nyala? Atau, coba geser switch lampu sein (sign) kiri dan kanan, lampu hazard. Apakah wiper juga tidak bekerja? Kalau semua mati, lanjut langkah berikutnya.
4. Silahkan turun dari kursi kemudi, buka kap penutup mesin, bila mesin mobil di depan. Bila ada di bawah kursi, buka kursi depan.
5. Jangan lupa kunci kontak atau tombol Start/Stop Engine di posisi OFF, lalu cari posisi battery. Lampu indikator yang mati total yang membuat mobil matic tidak bisa distarter, bisa jadi sumber persoalan utamanya dari battery. Battery sudah tidak mampu lagi menyimpan daya. Solusi, ganti battery atau coba hidupkan mobil dengan cara dijumper dengan battery lain. Jika battery sudah tidak layak, segera ganti battery dengan yang baru. Untuk memastikan battery bagus atau tidak, bisa dilakukan pengukuran tegangan (volt). Bila tegangan battery diukur menunjukkan angka minimum 12,5 volt, battery masih bagus. Lanjut cara berikutnya.
6. Cari kotak sekring (fuse box), yang letaknya umumnya tidak jauh dari battery.
7. Periksa dengan baik kondisi sekering utama (main fuse). Fungsi sekering utama melindungi komponen kelistrikan dan computerized mobil matic ketika terjadi hubungan listrik arus pendek (korsleting).
8. Ukuran ampere listrik pada sekring utama tergolong besar. Biasanya lebih besar dibanding yang lain. Ada yang 60 ampere, 80 ampere, 100 ampere, atau bahkan 120 ampere. Kapasitas mesin mobil nemengaruhi besaran ampere sekring utama.
9. Cek dengan baik aliran listrik menuju dan dari sekring utama. Bisa saja sekring putus.
10. Kalau sekring utama putus, segera ganti yang baru.
11. Bila tidak ketemu juga masalahnya, dan mobil matic tetap tidak bisa distarter, hubungi bengkel. Perlu penanganan lebih lanjut. Kalau Anda di sekitaran Jabodetabek, bisa hubungi Teknisi Ahli kami, worner MATIC. Click Konsultasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here