Pertanda Transmisi Matic Mobil Rusak

0

Apa saja pertanda atau gejala awal transmisi otomatis mobil matic Anda rusak? Mengendarai mobil matic memang enak. Tapi tidak berarti Anda boleh ceroboh. Perhatikan berbagai hal di luar kewajaran yang terjadi pada laju mobil Anda, atau suara-suara misterius yang muncul dari unit transmisi matic mobil Anda. Karena bunyi-bunyian atau suara-suara itu bisa menjadi pertanda awal kerusakan transmisi otomatis mobil Anda.

Kalau sampai terlambat menanganinya, bukan tidak mungkin biaya perbaikan jadi membengkak. Atau sangat boleh jadi Anda harus mengganti unit transmisi matic baru/bekas dengan anggaran yang tentunya bakal lebih besar.

Unit transmisi matic tidak ubahnya seperti organ manusia. Masing-masing komponen dalam transmisi matic mempunyai tugas sendiri-sendiri. Terganggunya fungsi satu atau dua komponen bisa mengakibatkan gangguan pada seluruh sistem/unit transmisi matic.

Dari sekian banyak gejala yang muncul akibat kurang maksimalnya kinerja transmisi matik, yang juga sangat penting untuk mendapat perhatian serius adalah berbagai macam bunyi yang ditimbulkan oleh kinerja unit transmisi matic. Bunyi atau suara apa saja itu?

1. Mendengung

Suara mendengung bisa saja muncul sewaktu-waktu. Suara dengungan yang muncul seperti suara lebah. Kalau muncul suara seperti itu, perhatikan dengan cermat pada saat apa suara itu muncul. Apakah pada saat mesin hidup dan mobil berhenti, atau saat mobil jalan. Perhatikan juga bila munculnya bunyi saat kendaraan jalan, pada posisi tuas transmisi di mana saja suara itu muncul.

2. Mendesis

Pada saat mesin hidup, perhatikan apakah muncul suara mendesis dari unit transmisi matic. Suara desisan menyerupai suara ular. Perhatikan pula desisan muncul saat tuas transmisi di posisi apa, apakah di P R N D 2 1/L, P R N D -3 2 1/L atau pilihan mode pengoperasian lain. Suara desisan itu berlangsung permanen, atau sesaat, pada situasi tertentu.

3. Trrrrrtttt… trrrrrtttttt….

Apakah transmisi matic mobil Anda terkadang mengeluarkan suara trrrrrttttt.. trrrrrrtttttt…. Apakah suara itu muncul saat mobil berjalan pelan atau saat berhenti. Suara itu muncul berkepanjangan atau sesaat saja, atau mungkin terputus-putus dengan interval tertentu?

4. Ctok ctok ctok….

Perhatikan juga munculnya bunyi ctok ctok… pada unit transmisi. Seperti kedua logam beradu. Apakah interval bunyi tersebut semakin rapat atau sering, seiring pertambahan kecepatan mobil Anda. Pada saat apa bunyi itu muncul. Apa saat mesin hidup dan mobil berhenti, atau saat jalan di pilihan mode pengoperasian tertentu.

5. Krekkkkk… krekkkkk….

Terkadang unit transmisi otomatis mobil yang sedang bermasalah mengeluarkan suara krekkkkk…. krekkkkk. Perhatikan apakah suara ini muncul sekali saja saat Anda menggeser tuas transmisi ke posisi tertentu saja, atau di semua posisi.

“Enjoy with your matic car”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here