Transmisi Otomatis, 6 Fungsi

0
17

Transmisi otomatis adalah bagian dari mobil (kendaraan), yang berfungsi menyalurkan dan mengubah tenaga putar atau kecepatan putar mesin ke roda. Dalam hal ini perubahan tenaga putar dan kecepatan putar mesin, berlangsung secara otomatis sesuai beban dan kondisi jalan.

Transmisi

Arti kata transmisi (transmission) adalah mengirimkan. Dalam dunia otomotif, yang dikirim atau diteruskan oleh transmisi itu adalah tenaga atau torsi dan kecepatan putar mesin.

Tuntutan kenyamaan berkendara membuat para insinyur melahirkan berbagai inovasi. Fungsi transmisi perlahan mengalami perubahan. Transmisi bukan cuma sebagai penerus tenaga putar dan kecepatan putar mesin ke roda saja, tetapi juga mengubah besaran tenaga dan kecepatan putar mesin ke roda. Dengan inovasi itu, memungkinkan sebuah transmisi mengatur kecepatan kendaraan dan tenaganya untuk disesuaikan dengan beban mesin dan kondisi jalan.

Teknologi terus berkembang. Perubahan kecepatan dan tenaga mobil/kendaraan yang semula dilakukan secara manual dengan cara menggeser tuas pemindah gigi, sekarang bisa berlangsung secara otomatis.

Otomatis

Arti kata otomatis dalam transmisi otomatis adalah proses pengaturan kecepatan dan tenaga melalui perpindahan gigi yang berlangsung dengan sendirinya. Lebih konkritnya, pada transmisi otomatis proses perpindahan gigi dari 1 ke 2, dari 2 ke 3, dari 3 ke 4 dst atau sebaliknya berlangsung dengan sendirinya atau secara otomatis, yang disesuaikan secara mekanis atau terkomputerisasi dengan beban dan kecepatan mobil.

Hingga sekarang setidaknya ada 6 fungsi transmisi otomatis (matic) secara umum:

1. Transmisi otomatis berfungsi meneruskan tenaga dan putaran mesin ke torque converter (TC), lalu ke kopling dan poros propeler, yang kemudian diteruskan ke roda.

2. Transmisi otomatis berfungsi mengatur kecepatan kendaraan melalui perubahan gigi yang berlangsung secara otomatis sesuai dengan beban dan kondisi jalan.

3. Transmisi otomatis berfungsi mengatur tenaga atau torsi kendaraan melalui perubahan gigi yang berlangsung secara otomatis sesuai dengan beban dan kondisi jalan.

4. Transmisi otomatis berfungsi mengubah arah putaran roda sehingga kendaraan memungkinkan berjalan maju dan mundur.

5. Transmisi otomatis berfungsi memutus dan menghubungkan tenaga dan putaran mesin dari mesin ke roda, sehingga kendaraan dapat berhenti ketika mesin hidup.

6. Transmisi otomatis berfungsi menambah kenyamanan berkendara sesuai kondisi beban mesin dan jalan. Dengan teknologi transmisi otomatis mengendarai mobil jadi lebih mudah.

“Enjoy with your matic car”

SHARE
Previous articlePertanda Transmisi Matic Mobil Rusak
Next articleOverdrive, Mekanisme Kerja dan Fungsi
Hermas Efendi Prabowo adalah seorang penulis artikel bidang otomotif sekaligus teknisi ahli mobil matic. Spesialisasinya mendiagnosa, merawat dan memperbaiki transmisi otomatis/mobil matic AS, Eropa dan Asia (diagnostic & repair specialist). Kemampuannya dalam memahami sistem kerja tiap komponen dan antarkomponen dalam mobil matic sangat mendetail. Menguasai perawatan dan perbaikan masalah mekanis, hidrolis, kelistrikan dan sistem kendali mobil dan transmisi otomatis (computerized engine & transmission control). Berpengalaman menjadi technical advisor mobil matic. Kemampuannya menulis artikel diasah selama 14 tahun berkarier sebagai wartawan Harian KOMPAS, media cetak terbesar di Indonesia. Jenjang kompetensi jurnalisnya sebagai Wartawan Utama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here