Cara Sederhana Membedakan Battery Mobil Matic Masih Bagus atau Rusak

0

Mobil matic Anda mendadak tidak bisa distarter setelah berhenti beberapa saat? Bisa jadi karena kemampuan battery menyimpan daya sudah jauh berkurang.

Battery yang bagus menunjukkan angka tegangan minimal 12,6 volt saat diukur menggunakan voltmeter atau multi tester.

Masalahnya, tidak semua pemilik mobil punya alat pengukur tegangan itu. Kalaupun ada, belum tentu juga dibawa ke mana-mana. Padahal mobil matic yang tidak bisa distarter akibat daya battery berkurang dari spesifikasi bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

Kalau sudah mogok biasanya pengemudi bingung. Mau berspekulasi mengganti dengan battery baru masih ragu. Harga battery tidak murah. Kalau battery baru dibeli ternyata mobil tetap tidak bisa distarter, itu namanya boros. Buang-buang duit.

Tapi membiarkan begitu saja mobil dalam kondisi mogok, juga bukan keputusan yang baik. Mencoba menghubungi bengkel atau mekanik, juga belum tentu ada. Kalaupun ada musti menunggu lama.

Beberapa battery mobil dilengkapi indikator daya. Misal, battery dengan daya penuh ditunjukkan dengan warna buru. Warna merah menunjukkan kalau daya battery habis atau kurang dari spesifikasi.

Masalahnya, tidak semua battery dilengkapi pemantau daya. Kalau begitu, apa yang bisa kita lakukan dengan mudah membedakan battery mobil masih bagus atau sudah rusak?

1. Coba nyalakan lampu utama (headlamp) apakah menyala terang atau tidak.
2. Bersamaan dengan lampu utama dinyalakan, aktifkan wiper depan. Atur kecepatan gerak wiper. Ketika switch pengatur kecepatan wiper diputar, apakah gerak wiper cepat atau tetap lambat. Kalau kecepatan gerak wiper tampak lamban, bisa dipastikan battery sudah rusak, tidak bisa menyimpan daya listrik dengan baik.
3. Untuk menghidupkan mesin mobil, tinggal dijumper dengan battery lain. Atau, ganti dengan battery baru.

PENTING. Pengukuran menggunakan voltmeter atau multi tester tentu lebih dianjurkan. Gerak wiper yang lamban, bisa juga akibat motor wiper yang turun kemampuannya, bukan semata karena battery yang lemah.

PERHATIAN. Umur pakai battery sekarang berkisar 1,5 – 2 tahun. Bila usia pakai battery lebih pendek, ada kemungkinan terjadi gangguan pada sirkuit atau sistem kelistrikan mobil matic Anda. Segera bawa ke bengkel khusus mobil matic, sebelum timbul masalah yang lebih serius yang butuh biaya perbaikan besar. (Click Bengkel Rekomendasi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here