Jangan Abaikan Kualitas Kabel Masa

0

Kabel masa (ground) harus terus dijaga kualitasnya dalam rangkaian kelistrikan (sirkuit) mobil matic. Jangan dibiarkan timbul korosi, atau terjadi oksidasi.

Mobil matic zaman sekarang sepenuhnya dikendalikan komputer. Untuk mesin ada modul pengendali tersendiri, biasa disebut Engine Control Unit (ECU), Powertrain Control Module (PCM) atau istilah lainnya.

Tansmisi ada modul pengendali yang disebut Transmission Control Module (TCM) atau berbagai macam istilah lain. Lampu, AC, pintu, kursi untuk mobil-mobil premium juga dikendalikan oleh komputer.

Komputer mobil matic merupakan sebuah sistem atau rangkaian yang tersusun dari berbagai komponen elektronika, yang memanfaatkan arus lemah yang bekerja sedemikian rupa dalam satu sistem kerja.

Karena tersusun dari komponen elektronika, tentu saja sebuah sistem komputer baru bisa bekerja kalau mendapat pasokan listrik yang cukup untuk mendukung sistem bekerja.

Peran arus listrik sangat penting. Begitu juga untuk komputer atau sistem pengendali mobil. Pasokan listrik pada mobil diperlukan untuk memasok arus ke unit pengendali, sensor-sensor atau aktuator.

Agar semua unit pengendali, sensor-sensor, dan aktuator bisa bekerja dengan baik sesuai spesifikasi dan kebutuhan, pasokan listrik ke masing-masing komponen harus bagus.

Dalam konteks ini, kabel ground atau masa memegang peran penting. Karena suatu rangkaian listrik bisa memasok arus dengan baik apabila rangkaiannya bekerja secara sempurna. Tidak boleh ada hambatan yang melebihi spesifikasi.

Pada mobil matic, kebutuhan daya untuk mendukung sistem kelistrikan dan komputer mobil menggunakan battery, yang umumnya bertegangan 12 volt.

Hambatan berlebih

Potensi hambatan berlebih pada rangkaian kelistrikan mobil matic biasanya terjadi pada kabel masa. Kabel masa menghubungkan terminal negatif battery dengan plat mobil, cassis, atau blok mesin dan transmisi matic.

Kalau sampai hambatan kabel masa meningkat, pasokan arus listrik ke semua komponen kelistrikan bakal terganggu. Kinerja semua sistem terganggu. Dampaknya mobil tidak bisa melaju dengan baik.

Kualitas kabel masa yang kurang bagus tampak secara kasat mata. Misalnya timbul korosi atau oksidasi pada terminal negatif battery, maupun di bagian ujung kabel yang terkelupas yang menempel ke plat body mobil, cassis maupun casing mesin/transmisi matic.

Korosi kabel masa terjadi pada ujung kabel yang terbuka, yang ditandai berubahnya warna serabut tembaga menjadi kehitaman.

Adapun oksidasi tampak ada butiran atau warna kebiruan, hijau atau hitam pada terminal atau copper yang terhubung dengan terminal negatif battery, plat body, cassis dan casing mesin atau transmisi matic.

Untuk mencegah gangguan tersebut, ada baiknya Anda secara rutin mengecek dan memastikan kualitas kabel masa, pada titik-titik terminal yang saya sebutkan di atas.

Cara merawatnya mudah:

1. Cabut kunci kontak. Lepas terminal battery negatif, terminal kabel masa yang ke plat body, cassis, casing mesin dan transmisi matic.
2. Bersihkan dengan amplas ujung terminal yang karatan.
3. Bila ada oksidasi, bersihkan dengan air hangat atau cairan kimia khusus pembersih.
4. Pasang kembali seperti semula.

PENTING. Untuk beberapa merek, jenis, dan kelas mobil, tidak boleh sembarangan membuka terminal negatif battery. Karena bisa memutus arus ke memory dalam unit pengendali, sehingga sistem perlu direset menggunakan scanner. Kalau Anda ragu melakukannya, bisa datang ke bengkel untuk melakukan pekerjaan tersebut. (Click Bengkel Rekomendasi)

PERHATIAN!
1. Penanganan masalah kelistrikan yang sembarangan, bukan oleh ahlinya bisa menyebabkan gangguan atau kerusakan pada sistem pengendali dan komponen kelistrikan mobil.
2. Kerusakan komponen kelistrikan dan pengendali, bisa menimbulkan kerugian biaya dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah, tergantung komponen apa yang rusak dan tipe mobilnya. (Click Disclaimer)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here