“Sekering Darurat”, Mengatasi Sekering Utama Putus

0

Mobil matic Anda putus sekering utama atau induk (main fuse) sehingga mobil mogok dan semua lampu indikator di dashboard mati total?

Kondisi tersebut bisa saja terjadi dalam perjalanan. Jauh dari toko sparepart, bengkel, dan tidak mungkin memanggil mereka datang.

Tidak perlu khawatir. Anda bisa mengatasinya sendiri. Tapi sebelum lebih jauh saya membahas cara darurat mengatasi sekering utama yang putus, ada baiknya saya bahas dulu sosok sekering utama dulu.

Dalam rangkaian kelistrikan mobil (sirkuit), selalu terdapat sekering. Sekering berfungsi sebagai pengaman atau pelindung komponen lain agar tidak rusak bila terjadi hubungan arus pendek yang melintasi sekering melebihi kapasitasnya.

Contoh. Dalam sirkuit lampu utama mobil (headlamp) terdapat sekering dengan kapasitas 10 ampere (A). Ketika kabel yang menuju sekering terkelupas sehingga terjadi hubungan arus pendek, arus yang melintasi sekering otomatis melebihi kapasitas sekering.

Sekering akan terbakar dan putus. Adapun lampu utama aman. Mengganti sekering jauh lebih murah dan mudah dibanding mengganti bola lampu utama.

Mengandalkan sekering

Hampir semua kerja komponen kelistrikan mobil dilindungi oleh sekering. Karena itu dalam satu unit mobil, biasanya kita temukan puluhan sekering yang terletak dalam satu atau beberapa boks sekering (fuse box).

Dari sekian banyak sekering yang terdapat pada sirkuit mobil, ada satu sekering yang disebut sekering utama (main fuse).

Karena predikatnya sebagai sekering utama atau induk, sudah pasti kapasitasnya besar. Melebihi kapasitas battery. Misal, kapasitas battery 45A, kapasitas sekering utama bisa 60A atau 80A.

Tipe sekering utama umumnya cartridge. Rumah sekering (housing) berbentuk kotak, dengan dua terminal, dan tutup bagian atas transparan.

Ketika sekering putus atau terbakar di fusing portion-nya (kawat penghubung), akan kelihatan dari bagian penutup housing yang transparan itu.

Apa fungsi sekering utama. Dia berfungsi melindungi semua komponen dalam sirkuit mobil. Ketika sekering utama putus, semua komponen mobil tidak bisa bekerja.

Karena fungsinya sebagai pengaman utama, sekering utama/induk letaknya paling dekat dengan terminal positif battery. Rangkaian kabelnya dari kutup positif battery, lalu ke terminal boks sekering baru ke sekering utama. Adakalanya dari terminal positif battery langsung ke sekering utama.

Gejala sekering utama putus antara lain lampu mobil mati, wiper mati, audio/video mati, lampu kabin mati, mesin tidak bisa distarter. Begitu juga dengan lampu indikator di dasboard yang semuanya mati.

Biasanya dalam kondisi semua mati ini, orang panik. Karena nggak tahu harus berbuat apa. Apalagi kalau berada jauh dari bengkel, rumah penduduk, dan toko sparepart. Tapi sekarang Anda tidak perlu bingung lagi, ikuti cara-cara di bawah ini;

1. Pinggirkan mobil matic Anda, cari lokasi yang nyaman.
2. Pastikan kunci kontak di posisi OFF. Buka kap mobil, lepas terminal battery negatif.
3. Lepas sekering utama dari terminal. Caranya kalau berbentuk cartridge tinggal tarik. Hati-hati jangan sampai rusak. Terkadang cukup berat dan perlu sedikit tenaga.
4. Cari kabel, ukuran panjang 5 cm. Kalau tidak ada, untuk kondisi darurat bisa memotong kabel yang menuju klakson (bel). Potong 5 cm, dan jangan lupa disambung lagi. Pastikan tersambung baik, dan jangan sampai sambungan kabel yang terbuka menyenggol body mobil, mesin atau lainnya. Baiknya disolasi. Kalau tidak ada, bisa pakai plastik dan sedikit dipanasi api supaya merekat.
5. Kembali ke kabel yang 5 cm. Kupas kedua ujung kabel sepanjang 1,5 cm.
6. Tempelkan kedua ujung kabel pada kedua terminal laki-laki sekering, lalu berbarengan dorong masuk ke kedua terminal sekering perempuan.
7. Pastikan kedua ujung kabel kejepit dengan baik, kalau tidak ulangi lagi sampai sempurna.
8. Pasang kembali terminal battery negatif, lalu nyalakan mobilnya. Tutup kap mobil, dan silahkan lanjutkan perjalanan Anda.

PENTING. Sangat boleh jadi, kabel darurat pengganti sekering utama kapasitasnya lebih rendah atau melebihi kapasitas sekering asli. Karenanya:

1. Usahakan ganti sekering pada kesempatan pertama.
2. Cari penyebab sekering putus, kalau tidak kondisi itu akan berulang. (Click Bengkel Rekomendasi)
3. Selama perjalanan darurat, matikan semua beban kelistrikan seperti AC, lampu-lampu, audio dll. Untuk mencegah “sekering” darurat terbakar. Kalau hanya untuk keperluan pasokan listrik ke mesin dan transmisi matic, kapasitas sekering darurat cukup.

PERHATIAN! Penanganan masalah kelistrikan oleh ahlinya direkomendasikan. Selalu waspada dalam perjalanan. Bila timbul bau kabel terbakar, hentikan mobil. Periksa jalur kelistrikan. Segala tanggungjawab akibat pemasangan “sekering darurat” ada pada diri Anda. (Click Disclaimer). Ganti sekering asli dengan kualitas yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here