Solusi Mobil Matic Mogok

0

Ada banyak penyebab mengapa mobil matic sampai mogok di jalan, sama sekali tidak mau bergerak. Di satu sisi, mobil matic memberikan pilihan kenyamanan berkendara. Tapi karena kenyamanan itu, membuat orang acap kali lupa melakukan perawatan hal-hal kecil yang sederhana, yang bisa dilakukan sendiri, tanpa harus pergi ke bengkel atau minta bantuan teknisi.

Agar tidak sampai terdampar di jalanan, ada baiknya Anda tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi mobil matic mogok dalam situasi darurat seperti itu. Apa saja yang bisa Anda dilakukan?

Jangan Panik

Ketika mobil matic Anda mendadak mogok di jalan, jangan panik. Hadapi dengan santai kenyataan itu, anggap saja itu bagian dari “pengalaman berkendara” yang baru bagi Anda. Kalau kita tidak panik, pikiran menjadi jernih, sehingga solusi lebih mudah didapat.

Pinggirkan Mobil

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah meminggirkan mobil matic Anda. Cari tempat yang aman, supaya tidak mengganggu perjalanan orang lain. Karena kalau Anda membiarkan mobil Anda berapa di tengah jalan, apalagi di jalan tol, bisa membahayakan diri Anda dan pengendara jalan lain. Caranya geser tuas transmisi ke posisi N (netral), lalu dorong mobil berlahan-lahan. Anda bisa minta bantuan orang lain, untuk membantu mendorong mobil ke tepian.

Periksa Jejak Oli

Setelah mobil berada di posisi aman, coba lihat di bawah kolong mobil apakah ada jejak oli matic tercecer. Oli matic umumnya berwarna merah, jadi mudah membedakannya dengan oli mesin. Lihat juga di bagian kolong mesin, tepatnya di bawah transmisi otomatis. Tiap-tiap mobil berbeda, ada yang di sebelah kanan mesin ada yang disebelah kiri. Untuk mobil matic berpenggerak roda belakang, posisi transmisi otomatis umumnya ada di belakang mesin.

Lihat bagian bawah unit transmisi matic itu, apakah ada bekas kebocoran oli. Lihat pula pipa/selang pendingin oli matic yang terhubung ke radiator. Ada dua selang di sana. Apakah ada tanda-tanda kebocoran? Apakah kondisi selang rusak, pecah atau sambungan selang lepas atau bocor? Perhatikan dengan cermat.

Cek Kondisi Kelistrikan

Coba putar kunci kontak pada posisi ON. Mesin jangan dinyalakan. Perhatikan apakah semua lampu indikator pada panel instrumen menyala. Khusus untuk lampu indikator Check Engine/MIL biasanya ketika kunci kontak diputar ke posisi ON akan menyala untuk beberapa saat, sebelum akhirnya mati kembali.

Nyalakan Mesin Mobil

PERHATIKAN Langkah ke 3.
Sebelum Anda memutuskan untuk menyalakan mesin mobil, pastikan bahwa tidak ada tanda-tanda kebocoran oli matic. Kalau Anda menemukan ada kebocoran oli matic, jangan sekali-kali menyalakan mesin mobil. Karena ketika mesin dihidupkan, putaran mesin langsung diteruskan ke input shaft transmisi otomatis. Putaran as (input shaft) tanpa dukungan oli matic, berpotensi merusak komponen dalam transmisi otomatis seperti as (shaft), laher (bearing), bantalan (bushing), kopling searah (one way clutch), dan karet seal.

Periksa Lampu Indikator Transmisi Matic

Dalam kondisi mesin mati atau hidup, ketika kunci kontak ada di posisi ON, periksa lampu indikator transmisi otomatis pada panel instrumen. Ketika tuas ada di posisi P, R, N, D, 2, L misalnya, apakah lampu indikator pada masing-masing pilihan pengoperasian itu menyala. Coba pula untuk posisi yang lain. Kalau tersedia, mode pengoperasian economic, normal, atau power apakah masih menyala. Bagamana dengan nyala lampu indikator overdrive/OD OFF. Kalau lampu indikator tidak menyala untuk salah satu/sebagian atau seluruhnya, bisa disimpulkan terjadi kegagalan fungsi kelistrikan. Sebaiknya hubungi teknisi/bengkel mobil matic, atau klik CONTACT US. Kami akan bimbing Anda untuk mengatasi masalah itu.

Setelah Anda melakukan pengecekan, bila Anda melakukan dengan baik, Anda sudah akan bisa menyimpulkan apa masalah utama mobil matic Anda sampai mogok total. Setelah Anda tahu, bagaimana mengatasinya? Berikut penjelasannya:

1. Masalah Oli Matic

Umumnya mengapa mobil matic bisa sampai mogok di jalan – meski mesin hidup mobil tidak mau jalan sekalipun tuas di posisi D – karena tidak ada tekanan oli. Ingat bahwa semua sistem penggerak dalam unit transmisi baik kerja servo, clutch, torque converter ditentukan oli bertekanan.

Jika tekanan oli lenyap, sudah pasti mobil matic tidak bisa jalan. Langkah yang paling tepat untuk memastikan adalah dengan mengecek volume oli matic dengan mencabut dipstik, lalu melihat ketinggiannya. Kalau tidak ada jejak batas oli pada dipstik, patut dicurigai oli matic mobil Anda kurang atau kosong.

Penyebab kosongnya apa? Umumnya karena terjadi kebocoran yang parah, yang biasanya berasal dari sambungan selang pendingin oli matic atau selang sudah aus dan pecah. Kalau ini yang terjadi segera ganti selang. Dalam kondisi darurat boleh diganti dengan selang apa saja, asalkan bisa menahan suhu panas oli transmisi matic saat sedang bekerja.

Ganti selang, lalu isi oli matic. Karena kondisi darurat, kalau Anda sulit mendapatkan oli matic sesuai rekomendasi pabrik, untuk sementara isi oli matic aftermarket. Perhatikan spesifikasi oli maticnya, usahakan yang paling mendekati dengan oli aslinya. Tuangkan oli matic dalam transmisi, sampai ketinggian sesuai petunjuk pabrikan.

Kalau oli sudah terisi sesuai dan volumenya cukup, masalah selesai. Jalankan mobilnya. Jangan lupa untuk mengganti selang dengan kualitas yang sama, setelah sampai di bengkel atau toko onderdil terdekat. Ganti oli sesuai dengan spesifikasi atau rekomendasi pabrik.

2. Masalah Kelistrikan

Produsen mobil/transmisi otomatis sudah mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk bila terjadi kegagalan kerja kelistrikan pada transmisi otomatis. Jadi nggak usah khawatir. Sekalipun terjadi gangguan sistem kelistrikan pada transmisi otomatis – seperti lampu indikator posisi tuas tidak menyala atau beberapa mode pengoperasian tidak bekerja, mobil matic masih tetap bisa dijalankan. Kalau terjadi gangguan sistem kelistrikan, dalam kondisi darurat Anda masih memungkinkan untuk menjalankan mobil sampai ke tujuan aman terdekat. Atau sampai Anda bisa menemukan bengkel terdekat.

3. Masalah Mekanik

Tidak jarang, mogoknya mobil matic terjadi akibat kegagalan fungsi mekanis. Salah satu atau beberapa komponen mekanis rusak, tidak berfungsi, sehingga mobil tidak bisa jalan. Umumnya kalau terjadi kerusakan mekanis transmisi otomatis, sebelum mobil matic benar-benar tidak bisa dijalankan, muncul bunyi misterius. Misalnya seperti bunyi logam beradu.

4. Mesin Mobil Tidak Menyala

Kalau mogoknya mobil matic Anda karena mesin mobil ngadat dan tidak mau menyala. Solusi terbaik beresin dulu masalah mesin sampai bisa dihidupkan.

PENTING! Langkah paling bijaksana saat menghadapi mobil matic mendadak tidak mau berjalan, adalah dengan meminggirkan kendaraan Anda terlebih dulu. Jangan sampai justru menjadi pemicu terjadinya kecelakaan. Bila, Anda tidak menemukan masalah atau mengalami kendala dalam mengatasi kondisi darurat, silahkan CONTACT US. Kami akan memberikan panduan teknis penanganan, dan membuka ruang konsultasi darurat via SMS, BBM, WhatsApp, atau email.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here