Hati-hati Membersihkan Ruang Mesin, Berpotensi Korsleting

0

Ruang mesin mobil matic Anda kotor? Berdebu dan banyak deposit yang menempel pada radiator, fan, saluran intake, manifold, saluran buang, throtle body, injector, AC, dinamo starter, alternator, housing filter udara, blok mesin, soket-soket dan plat body mesin?

Ruang mesin yang kotor memang menciptakan pemandangan yang tidak nyaman. Selain bisa muncul predikat “jorok” terhadap si pemilik mobil matic tersebut.

Biasanya melihat kondisi ruang mesin yang kotor, kita tidak tahan. Segera saja mobil matic dibawa ke tempat pencucian mobil, lalu disemprot. Beres!

Ruang mesin kembali kinclong. Kalau masih belum cukup, biasanya diolesi dengan cairan semir. Supaya tampak mengilap.

Tapi tahukah Anda dampak dari membersihkan ruang mesin mobil matic dengan cara-cara seperti di atas?

Rentan korslet

Perlu Anda ketahui bahwa mobil zaman sekarang sistem mesin, transmisi matic dan sistem pendukung lain dikendalikan oleh komputer.

Lihat saja ada banyak kabel dalam ruang mesin, yang menghubungkan berbagai macam sensor, aktuator dan komponen kelistrikan lain, dengan sistem pengendali.

Antara kabel dan sensor, aktuator dan komponen kelistrikan lain terdapat soket (terminal), yang boleh jadi makin berumur sealnya tidak elastis lagi. Sehingga memungkinkan air menelusup dalam sambungan terminal dan menyebabkan korslet.

Korslet atau hubungan listrik arus pendek pada rangkaian kelistrikan mobil matic memicu timbulnya gangguan operasional mobil.

Misalnya saja, salah satu sensor tidak bisa memberikan informasi yang akurat ke Engine Control Unit (ECU), Powertrain Control Modul (PCM), maupun Transmission Control Modul (TCU).

Yang terjadi mobil tidak bisa berjalan normal. Bisa saja diikuti lampu check engine di dashboard yang menyala. Kalau Anda sedang tidak beruntung, bisa saja korslet berdampak sampai ke unit ECU, PCM dan TCM, yang tentunya bila sudah rusak harganya mahal. Bisa jutaan, belasan hingga puluhan juta rupiah. Tergantung merek dan tipe mobilnya.

Bila mobil matic Anda mengalami gangguan seperti itu, jangan dibiarkan berlarut bila tidak mau keluar biaya perbaikan lebih besar.

Segera hubungi teknisi ahli atau click Bengkel Rekomendasi kami, untuk penanganan awal atau perbaikan lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here