Mobil Matic Tidak Bisa Distarter, Lampu Indikator Semua Normal (Bagian 2)

0
16

Mungkin Anda pernah punya pengalaman, mobil matic Anda tidak mau distarter padahal semua lampu indikator di dashboard berfungsi baik?

Kalau Anda perhatikan lebih detail, saat kunci kontak diputar ke posisi start atau saat tombol start/stop engine ditekan, tidak muncul suara apapun. Bahkan dari dinamo starter juga tidak muncul suara ctek ctek ctek….

Bisa dipastikan masalah mogok mobil matic Anda akibat unit dinamo starter yang tidak bisa bekerja dengan baik, atau sebab lain yang berhubungan langsung dengan sistem kerja dinamo starter. Kenapa itu bisa terjadi?

Sebelumnya mari kita urai secara singkat apa itu dinamo starter, komponen apa saja yang terdapat pada dinamo starter dan bagaimana dia bekerja. Untuk pembahasan detailnya, diulas dalam tulisan lain.

Dinamo starter berbentuk motor starter. Di dalamnya terdapat kumparan tembaga dan magnet. Bila kumparan tembaga diberi arus listrik dalam kapasitas tertentu, motor listrik akan berputar. (Untuk lebih detail tentang dinano starter mobil matic, akan saya ulas pada tulisan yang lain).

Adapun unit dinamo starter pada mobil matic, komponennya terdiri dari motor starter atau dinamo, dan solenoid atau magnetic switch.

Cara kerjanya, ketika kunci kontak diputar ke posisi start, arus listrik dengan kapasitas ampere rendah mengalir ke magnetic switch atau yang biasa disebut juga dengan relay dinamo starter.

Arus yang ke magnetic switch menciptakan medan magnet. Medan magnet ini dipakai untuk mengaktifkan switch yang ada dalam relay, untuk menghubungkan arus besar dari battery menuju relay lalu ke dinamo.

Pada saat switch relay bekerja, arus juga mendorong plunger menekan gigi pinion (pinion gear) di ujung dinamo starter masuk dalam celah gear pada plat roda gila, yang terhubung ke crank shaft (kruk as).

Bunyi ctek ctek ctek … pada saat kunci kontak diputar ke start atau tombol start/stop engine ditekan, menunjukkan magnetic switch bekerja mendorong pinion gear.

Begitu gigi pinion menempel gigi roda gila, putaran dinamo/motor starter akan terhubung langsung dengan roda gila. Kruk as berputar dan mesin mobil matic bisa distarter.

Ketika kunci kontak diputar kembali ke posisi ON, arus yang ke dinamo starter dan magnetic switch terputus. Gigi pinion tidak lagi menenpel ke gigi roda gila, dan kembali ke rumahnya.

Jadi sudah jelas sekarang. Ketika mesin mobil matic tidak bisa distarter padahal kunci kontak sudah diputar ke posisi start, tapi tidak muncul bunyi ctek ctek ctek… dari unit dinamo starter, ada kemungkunan magnetic switch bermasalah. Atau, ada gangguan lain yang menyertainya.

Bila mobil matic Anda mogok dengan gejala seperti ini, perlu teknisi profesional untuk menanganinya. Disarankan tidak ditangani sendiri. Karena tingkat kesulitannya lumayan besar dan risikonya juga besar.

Segera hubungi derek gendong (towing), atau click Bengkel Rekomendasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here